Balai Pengelolaan
Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung
Unda Anyar

Aksi Tanam 10.000 Mangrove Serentak di 10 Kota Se-Indonesia

14 Januari 2018 pukul 10.00 WIB tepat aksi penanaman 10.000 batang mangrove serentak di 10 kota di Indonesia. Penanaman serentak tersebut dilaksanakan di Banda Aceh, Medan, Padang, Lampung Timur, Jakarta, Cirebon, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, dan Makassar masing-masing 1.000 batang mangrove. Aksi penanaman kali ini, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bekerja sama dengan Koalisi Lestari Hutanku bersama fans artis yang baru naik daun yaitu Jefri Nichol.

Penanaman serentak 10.000 batang mangrove ini dipusatkan di Jakarta tepat di lokasi kawasan mangrove pantai indah kapuk blok Elang Laut. Penanaman dihadiri oleh Menteri LHK yang diwakilkan oleh Dirjen Pengendalian DAS dan Hutan Lindung Dr. Hilman Nugroho, Ketua LPAI Kak Seto Mulyadi, Artis Duta Lestari Lingkungan Jefri Nichol, Ketua Umum Koalisi Lestari Hutanku Fachrul Muchsen serta Miss Earth Indonesia 2017.

Siswa-siswi dari SD hingga SMA se-Jabodetabek dan Jefri Nichol Fans Club turut menanam mangrove. Anak-anak sangat antusias melakukan penanaman mangrove, dibuktikan dengan kemauan untuk menyelam air lumpur dengan kedalaman sekitar 50 cm. Penanaman yang dilakukan anak-anak sampai dewasa dipandu petugas dari Dinas Kehutanan provinsi DKI. Penanaman ini diprakarsai KLHK bersama Koalisi Lestari Hutanku sekaligus sebagai dukungan “Gerakan Tanam 25 Pohon Selama Hidup”.